Tips Menata Taman Agar Terlihat Cantik

Taman kota adalah salah satu fasilitas publik yang bersifat multifungsional. Selain untuk memperindah tampilan sebuah kota, taman kota juga memiliki fungsi yang lainnya. Misalnya saja sebagai salah satu media terpenting untuk resapan dan penampungan air atau water saving sekaligus untuk mengurangi resiko terjadinya banjir. 

Fungsi lainnya, taman kota juga dapat memberikan efek pada kesehatan karena bisa menghasilkan oksigen yang merupakan kebutuhan paling penting bagi kehidupan manusia dalam jumlah yang lebih banyak. Mengingat saat ini udara bersih semakin sulit didapat, terutama di kota-kota besar yang tingkat polusi udaranya lebih tinggi.

Pembuatan taman bisa dibilang gampang-gampang susah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fungsi utama taman sebagai area yang sejuk dan indah bisa tercapai. Dan berikut kami berikan tips menata taman agar terlihat lebih cantik dan baik.

Gunakan tanaman yang merupakan ciri dari budaya dan adat setempat

Misalnya bunga sakura yang sangat terkenal di Jepang, lalu Bali dengan pohon kamboja atau bunga sepatu, jawa dengan pohon beringin atau sawo kecik. Hal ini merupakan faktor penting, karena keberadaan tanaman tersebut daerah atau kota itu memiliki ciri khas, sehingga dapat diingat oleh pengunjung yang datang dari luar daerah atau kota.

Atur tanaman menjadi pola tertentu

Berikutnya meletakkan tanaman dengan baik dan rapi agar taman terlihat tidak sempit. Tanaman-tanaman itu juga bisa ditata dan membentuk pola seperti pola garis, pola melengkung, pola campuran dan lain sebagainya. Dengan mengatur posisi tanaman menjadi pola tertentu dapat menambah keindahan estetika saat orang melihatnya.

Jalan setapak

Menciptakan alur jalan setapak dari beton atau bebatuan termasuk salah satu trik untuk mempercantik area taman. Dibuatnya jalan setapak memiliki tujuan sebagai penunjuk arah melintasi taman sekaligus pelindung tanaman dari injakan kaki pengunjung taman. Selain itu, kaki kita pun tidak kotor karena menginjak tanah yang basah.

Buat dan tempatkan kran air dengan tepat

Hal yang satu terkadang dilupakan oleh kebanyakan orang ketika membuat taman. Padahal adanya kran air ini akan berpengaruh terhadap mudah tidaknya perawatan taman. Maka pastikan anda membuat kran dan menempatkannya di daerah yang tepat. 

Lengkapi taman dengan furniture

Selain hal-hal dasar diatas sudah terpenuhi dengan baik. Anda juga bisa menambahkan beberapa furniture seperti kursi taman besi cor. Dengan adanya kursi tersebut dapat membantu pengunjung untuk duduk menikmati suasana alam sembari bersantai. Tidak hanya itu, dengan adanya kursi, maka suatu taman akan lebih indah, lebih berisi, dan menarik untuk dipandang.

Itulah beberapa tips atau cara untuk menata taman anda agar terlihat lebih cantik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *